Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Empat Sarana Promosi


– Promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan konsumennya. Setidaknya, ada empat macam sarana promosi yang dapat digunakan oleh setiap pengusaha dalam mempromosikan produknya maupun jasa. Empat macam sarana promosi yang dapat dipakai adalah:

1.      Periklanan (Advertising). Iklan dapat dipasang di banyak sekali media, seperti:
a.    Pemasangan billboard di jalan, kawasan atau lokasi yang strategis.
b.    Pencetakan brosur yang ditempel/disebarkan di setiap sentra perbelanjaan atau tempat-tempat strategis.
c.    Pemasangan spanduk/umbul-umbul di jalan, kawasan atau lokasi yang dianggap strategis.
d.   Pemasangan iklan melalui media cetak, menyerupai koran, majalah, tabloid, buku, dan lainnya.
e.    Pemasangan iklan melalui media elektronik. Seperti televisi, internet, radio, film, dan lainnya.
2.     Promosi Penjualan (Sales Promotion). Tujuannya untuk meningkatkan penjualan atau peningkatan jumlah pelanggan. Promosi ini dilakukan untuk menaarik pelanggan biar segera membeli setiaap produk atau jasa yang ditawarkan biar pelanggan tertarik untuk membeli, maka harus dibuat semenarik mungkin.
3.      Publisitas (Publicity). Merupakan aktivitas untuk memancing pelanggan melalui kegiatan, menyerupai pameran, bakti social, serta aktivitas lainnya. Melalui aktivitas ini dibutuhkan dapat meningkatkan pamor/citra perusahaan di mata para konsumennya.
4.      Penjualan Pribadi (Personal Selling). Penjualan produk yang dilakukan secara pribadi oleh salesman dan atau salesgirl dengan cara dari pintu ke pintu (door to door).