Pengertian Intrapreneur
– Selain entrepreneur, ada istilah lain yaitu “intrapreneur”. Intrapreneur adalah orang yang tidak menemukan sesuatu (produk) yang baru, tetapi menggunakan temuan orang lain dan dipakai pada unit usaha yang bersangkutan. (Marzuki Usman 1977: 4), misalnya dalam membuat desain/rancangan suatu produk yang sesuai dengan ajakan pasar.
Fungsi intrapreneur adalah menciptakan produk dan teknologi gres dengan cara menggandakan yang sudah ada, berbeda dengan penentuan tolak ukur (benchmarking) yang berkembang di kalangan manajer dan wirausahawan di Jepang dan Australia. Pada penentuan tolak ukur, selain meniru, juga terdapat pengembangan produk melalui pengembangan teknologi gres atau mampu disebut menggandakan dengan melaksanakan modifikasi (Winardi, 1998). Dengan demikian, intrapreneur yaitu orang yang menggunakan temuan orang lain pada unit usahanya. Fungsinya yaitu menciptakan produk dan teknologi gres dengan cara menggandakan yang sudah ada. Tolak ukurnya yaitu menggandakan dan menyebarkan produk melalui pengembangan teknologi.
Sumber Pustaka: Suryana. 2013. KEWIRAUSAHAAN Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat