Pengertian Segmen Pasar
– Segmen Pasar yaitu sekelompok pelanggan tertentu yang mempunyai jawaban yang relatif sama terhadap dorongan membeli yang dilakukan oleh pihak pemasaran. Kelompok ini biasanya memiliki karakteristik, kebutuhan, dan impian yang relatif sama sehingga akan menyampaikan respon yang relatif sama pula.
Penentuan segmen pasar ini berkhasiat untuk memperjelas pelanggan mana yang akan kau layani nanti. Apabila kau tidak mengetahui siapa pelanggan yang akan dilayani, maka kau akan memperlihatkan produk dan jasa kau kepada siapa saja tanpa arah yang jelas.
Cara mengidentifikasi menurut Philip Kotler ada 3 (tiga) cara, yaitu:
1. Segmentasi pasar menurut kelompok demografis. Target marketnya digolongkan menurut usia/umur. Contoh: target marketnya ramaja usia 15-24 tahun.
2. Segmentasi pasar kedalam kelompok-kelompok kebutuhan. Misalnya, target maketnya yaitu wanita bekerja yang menginginkan fasilitas dalam berbelanja.
3. Segmen pasar berdasarkan kelompok-kelompok perilaku. Target marketnya didasarkan pada perilaku dan gaya hidup. Contoh: target marketnya sampaumur yang hidup konsumtif dalam membeli pakaian.
Sumber artikel ini dari buku Siswa Juga Bisa Makara Pengusaha oleh Wulan Ayodya, Penerbit Esensi. Silahkan beli buku yang asli untuk menerima pengetahuan dan tips menarik lainnya. Terimakasih.