Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Total Quality Management (TQM)


Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Terpadu (MMT) yaitu filosofi dan budaya (kerja) organisasi (philosophy of management) yang berorientasi pada kualitas. Tujuan yang akan dicapai dalam organisasi dengan budaya TQM yaitu memenuhi atau bahkan melebihi apa yang dibutuhkan dan yang diperlukan atau diinginkan oleh pelanggan (Sashkin dan Kisser, 1993:75).

Singkatnya TQM yaitu perpaduan semua fungsi dari perusahan yang dibangun berdasarkan konsep kualitas, teamwork, produktivitas dan pengertian serta kepuasan pelanggan. TQM merupakan sistem administrasi yang mengangkat kualitas sebagai seni administrasi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi. Pengertian TQM lainnya, TQM merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimalkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya,

Sumber artikel ini berasal dari buku Manajemen Syari’ah (Implementasi TQM dalam Lembaga Kauangan Syari’ah), Kuat Ismanto, Penerbit Pustaka Pelajar. Terimakasih.