Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)


– Bauran Pemasaran (Marketing Mix) merupakan seperangkat variabel pemasaran yang dapat dikendalikan dan dapat dipadukan untuk mencapai tujuan pemasaran sesuai dengan target pasarnya. Bauran pemasaran meliputi empat variabel penting dalam pemasaran, yang dikenal dengan 4P, yaitu produk (product), harga (price), daerah atau kanal distribusi (place), dan promosi (promotion).

Berikut yaitu penjelasan dari masing-masing variabel tersebut.
  1.  Produk (Product)
Produk mencerminkan kombinasi barang dan/atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar. Produk yaitu segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk digunakan dan dikonsumsi sehingga dapat memenuhi cita-cita konsumen.
  2.  Harga (Price)
Harga mencerminkan pengorbanan yang harus dilakukan konsumen untuk menerima dan menggunakan suatu produk. Keputusan harga merupakan keputusan strategis alasannya bekerjasama bersahabat dengan posisi produk di pasar dan menjadi penopang keunggulan bersaing perusahaan. Faktor internal penting yang menghipnotis keputusan penetapan harga adalah: tujuan perusahaan, strategi, biaya, dan pertimbangan organisasional. Sedangkan faktor eksternal meliputi: pasar dan permintaan, harga pesaing, dan faktor-faktor eksternal lainnya.
  3.  Tempat (Place)
Tempat atau kanal distribusi berkaitan dengan usaha perusahaan menyebabkan sebuah produk selalu siap tersedia untuk para konsumen dalam jumlah dan waktu yang tepat. Ada beberapa tingkatan dalam kanal pemasaran mulai dari biro (distributor) hingga dengan toko-toko pengecer (peritel).
  4.  Promosi (Promotion)
Promosi mencerminkan banyak sekali acara untuk mengkomunikasikan dan mensosialisasikan keunggulan-keunggulan produk kepada konsumennya.

Variabel-variabel bauran pemasaran tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu taktik dalam usaha untuk menerima posisi yang besar lengan berkuasa di pasar. Tetapi dalam pelaksanannya, bauran pemasaran tersebut harus dapat diadaptasi dengan kondisi yang ada atau bersifat fleksibel.