Contoh Business Plan Sederhana

Apa sih Business Plan itu? Pasti itulah pertanyaan yang ada dipikiran kita apabila gres mendengar istilah tersebut. Agar ada sedikit gambaran maka saya akan menjelaskan apa arti dari istilah tersebut. Business Plan merupakan rancangan pelaksanaan sebuah usaha secara menyeluruh terhadap semua aspek yang ada di dalam pelaksanaan sebuah usaha bisnis. Jadi, Business Plan digunakan oleh pengelola usaha bisnis tersebut untuk menjalankan usahanya.
KARYAWAN
Untuk lebih memperjelas apa itu Business Plan, mari kita simak contoh Business Plan sederhana berikut ini.
BUSINESS PLAN
A. Nama Usaha
Nama usaha yang akan kami dirikan yaitu “Bolu Kukus”.
B. Produk
Usaha ini bergerak di bidang produksi yaitu pengolahan dan pemasaran bolu kukus. Konsep bisnis ini menjual bolu kukus yang masih fres dan berkualitas tinggi. Selain rasanya enak, bolu kukus ini juga mampu dijadikan sebagai pengganti nasi ketika lapar, sebab mengandung karbohidrat dari tepung terigu.
C. Pangsa Pasar
Pangsa pasar yang kami tujukan yaitu masyarakat sekitar. Tempat yang akan direncanakan untuk usaha ini yaitu di kampus dan sekitarnya.
D. Lokasi Usaha
Tempat yang akan direncanakan untuk usaha ini yaitu di kampus dan sekitarnya. Pertimbangan kami memilih lokasi tersebut yaitu:
Ø Lokasi ini strategis, sebab merupakan sentra acara mahasiswa.
Ø Lokasi erat dengan perumahan penduduk dan tempat kost para mahasiswa.
E. Proses Produksi
Cara Membuat:
- Alasi ± 20 cetakan bolu kukus dengan kertas roti lalu masukkan ke dalam panci kukus yang airnya sedang mendidih.
- Kocok telur, gula dan vanilla hingga kental dan naik lalu masukkan bergantian, ½ episode tepung, ½ episode air soda, begitu seterusnya hingga adonan habis, aduk rata. Ambil 5 sdm adonan, beri coklat bubuk, aduk rata.
- Tuang adonan ke dalam cetakan hingga hampir penuh lalu tambahkan 1-2 sdt adonan yang diberi coklat bubuk.
- Tutup panci kukusan, masak ± 20 menit dengan api besar tanpa membuka tutpnya. Kukus hingga matang dan merekah, selama ± 25 menit.
Untuk 20 bolu kukus.
F. Strategi Pemasaran
Berikut ini yaitu taktik pemasaran yang kami lakukan :
1. Kebijakan Produk
Usaha ini bergerak di bidang produksi, yaitu bolu kukus. Bisnis ini menjual produk berupa bolu kukus yang memiliki cita rasa yang enak tidak kalah dengan bolu kukus lainnya.
2. Kebijakan Harga
Harga masih merupakan faktor yang perlu mendapat perhatian khusus biar pangsa pasar yang dituju dapat dicapai sebab sesuai dengan tingkat pendapatan mereka. Oleh sebab itu kami menunjukkan harga yang cukup terjangkau oleh masyarakat khususnya mahasiswa dengan harga mulai Rp 1500,-.
3. Kebijakan Promosi
Untuk meningkatkan pangsa pasar maka perlu dilakukan Promosi, bentuk promosi yang akan kami lakukan antara lain memasarkan produk langsung ke calon pembeli.
G. Biaya Pemasaran
Jenis Biaya | Selama 2 Minggu |
Biaya Pemasaran | 25.000 |
Biaya Administrasi | 15.000 |
Total Biaya | 40.000 |
Struktur Organisasi
PIMPIPINAN |
BAGIAN PRODUKSI |
BAGIAN PEMASARAN |
BAGIAN KEUANGAN |
KARYAWAN
H. Perencanaan Kegiatan / Penjadwalan kegiatan
Perencanaan Kerja
No | Nama Kegiatan | Minggu I | Minggu II | ||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | ||
1 | Persiapan | ||||||||||||||
2 | Produksi | ||||||||||||||
3 | Pemasaran |
ASPEK KEUANGAN
. SUMBER DANA | |||||
1. Pribadi 100% | 250.000 | ||||