Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Akuntansi Sosial


-  Akuntansi Sosial dapat didefinisikan sebagai “penyusunan, pengukuran, dan analisis terhadap konsekuensi-konsekuensi social dan ekonomi dari perilaku yang berkaitan dengan pemerintah dan wirausahawan”. Dalam hal ini, akuntansi social berarti indentifikasi, mengukur, dan melaporkan kekerabatan antara bisnis dan lingkungannya. Lingkungan bisnis meliputi sumber daya alam, komunitas dimana bisnis tersebut beroperasi, karyawan, pelanggan, pesaing, dan perusahaan serta kelompok lain yang berurusan dengan bisnis tersebut.

Model-model akuntansi dan ekonomi tradisional berfokus pada produksi dan distribusi barang dan jasa kepada masyarakat. Akuntansi social memperluas model ini dengan memasukkan dampak-dampak dari kegiatan perusahaan terhadap masyarakat. Misalnya, suatu pabrik bukan hanya menghasilkan barang atau jasa, tetapi di lain pihak, pabrik tersebut menunjukkan kontribusi terhadap komunitas dengan menunjukkan beasiswa terhadap masyarakat sekitar. Ditinjau dari hal ini, akuntansi social dapat dilihat sebagai pendekatan yang berkhasiat untuk mengukur dan melaporkan kontribusi suatu perusahaan kepada komunitas.