Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan


– Sistem gosip akuntansi pada suatu organisasi memiliki dua subsistem utama, yaitu sistem akuntansi administrasi (managerial accounting system) dan sistem akuntansi keuangan (financial accounting system). Kedua subsistem akuntansi tersebut berbeda tujuan, sifat masukan, dan jenis proses yang digunakan untuk mengubah masukan menjadi keluaran. Jika akuntansi administrasi dibandingkan dengan akuntansi keuangan, ada beberapa perbedaan yang dapat diidentifikasi. Beberapa perbedaan tersebut antara lain:

  1.  Pengguna Utama
Akuntansi administrasi berfokus pada kebutuhan gosip dari pengguna internal, sedangkan akuntansi keuangan berfokus pada gosip bagi pengguna eksternal.
  2.  Pembatasan pada Masukan dan Proses
Akuntansi administrasi tidak bergantung pada prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara umum. SEC, PCAOB, dan FASB menetapkan prosedur akuntansi yang harus diikuti untuk pelaporan keuangan. Masukan dan proses dari akuntansi keuangan harus terang dan terbatas. Hanya aktivitas ekonomi tertentu yang memenuhi kualifikasi sebagai masukan dan prosesnya harus mengikuti metode yang diterima secara umum. Tidak ibarat akuntansi keuangan, akuntansi administrasi tidak mempunyai lembaga khusus yang mengatur format, isi, dan aturan dalam memilih masukan, proses, dan penyusunan laporan. Manajer bebas memilih gosip apa pun yang mereka inginkan, asalkan dapat dibenarkan atas dasar analisis biaya manfaat.
  3.  Jenis Informasi
Pembatasan dalam akuntansi keuangan cenderung menghasilkan gosip keuangan yang objektif dan dapat diverifikasi. Dalam akuntansi manajemen, gosip yang dihasilkan dapat berupa gosip keuangan dan non-keuangan, serta bersifat lebih subjektif.
  4.  Orientasi Waktu
Akuntansi keuangan memiliki orientasi historis. Fungsinya yakni mencatat dan melaporkan kegiatan-kegiatan yang telah terjadi. Walaupun akuntansi administrasi juga mencatat dan melaporkan kejadian-kejadian yang telah terjadi, akuntansi administrasi lebih menekankan pada penyediaan gosip kegiatan-kegiatan di masa mendatang. Orientasi masa depan ini diharapkan sebab akan digunakan untuk mendukung fungsi manajerial dari perencanaan dan pengambilan keputusan.
  5. Tingkat Agregasi
Akuntansi administrasi menyediakan ukuran dan laporan internal yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja aneka macam entitas, lini produk, departemen, dan manajer. Informasi yang sangat terperinci diharapkan dan disediakan. Di lain pihak, akuntansi keuangan berfokus pada kinerja perusahaan secara keseluruhan dan menunjukkan sudut pandang yang lebih agregat.
  6.  Keluasan
Akuntansi administrasi jauh lebih luas daripada akuntansi keuangan. Akuntansi administrasi meliputi aspek-aspek ekonomi manajerial, rekayasa industri, ilmu manajemen, dan aneka macam bidang lainnya.

Untuk memudahkan memahami perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan di atas, berikut yakni ringkasan dari perbedaan-perbedaan tersebut.
Akuntansi Manajemen
Akuntansi Keuangan
     1. Fokus internal
     2. Tidak ada aturan yang mengikat

    3.  Informasi keuangan dan non-keuangan bersifat subjekif   
     4.  Penekanan pada masa mendatang
    5.  Evaluasi dan keputusan internal didasarkan atas gosip yang sangat terperinci
     6. Sangat luas dan multidisiplin
     1.  Fokus eksternal
    2. Harus mengikuti aturan tertentu dari pihak eksternal
     3.  Informasi keuangan yang bersifat objektif

     4. Penekanan pada masa lalu (historis)
    5.  Informasi mengenai perusahaan secara keseluruhan
     6.  Lebih independen

Demikianlah penjelasan mengenai Perbedaan antara Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan. Sumber artikel ini dari buku “Akuntansi Manajerial” Hansen/Mowen yang diterbitkan oleh Salemba Empat. Terimakasih.