Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
- Setelah membaca artikel perihal Pengertian Perilaku Konsumen. Kali ini saya akan menjelaskan perihal faktor-faktor yang menghipnotis perilaku konsumen tersebut.
Ada dua dari faktor-faktor yang menghipnotis perilaku konsumen, yaitu kekuatan sosial budaya dan kekuatan psokologis. Kekuatan sosial budaya terdiri dari faktor budaya, tingkat sosial, kelompok anutan (small reference groups) dan keluarga. Sedangkan kekuatan pisokologis terdiri dari pengalaman belajar, kepribadian, sikap dan keyakinan, gambaran diri.
1. Kekuatan Sosial Budaya
a. Faktor budaya
Budaya dapat di definiskan sebagai hasil kreativiras insan dari satu generasi ke generasi lainnya yang sangat menentukan bentuk perilaku dalam kehidupan sebgai anggota masyarakat.
Implikasi umum dari perubahan budaya untuk hebat permasalahan yaitu sebagai berikut :
1. Pisikologis untuk cenderung bebas dari ketidak amanan ekonomis.
Konsumen membuktikan :
a. Kecenderungan kearah meningkatkan kekuatan fisik
b. Kecenderungan kearah personalisasi
2. Kecenderungan pada paham antifungisonal.
Konsumen membuktikan :
a. Kecenderungan kearah fatwa romantis gres
b. Kecenderungan ke arah suatu yang gres dan suatu perubahan
3. Kecenderungan rekasi melawan komplekasi
Konsumen membuktikan :
a. Kecenderungan ke arah hidup sederhana
b. Kecenderungan kembali kepada alam
b. Faktor Kelas Sosial
Kelas sosial didefiniskan sebagai suatu kelompok yang terdiri dari sejumlah orang yang mempunyai kedudukan yang seimbang dalam masyarakat.
c. Faktor kelompok anutan (small reference groups)
Didefinisikan sebagai sutau kelompok orag yang menghipnotis sikap, pendapat, norma dan perilaku kinsmen.
Kelmpok ini merupakan kumpulan keluarga, kelompok atau organisasi tersebut.
d. Faktor keluarga
Sutau unit masyarakat kecil yang perilaku sangat menghipnotis dan menentukan dalam pengambilan keputusan membeli.
2. Kekuatan Faktor Pisikologis
a. Faktor pengalaman kerja
Belajar yaitu satu perubahan perilaku akhir penalaman sebelumnya.
Perilaku konsumen dapat dipelajari alasannya sangat dipengaruhi oleh pengalam belajarnya. Pengalaman berguru konsumen akan menentukan tindakan keputisan membeli.
b. Faktor Kepribadian
Kepribadian konsumen sangat ditentukan oleh faktor internal dirinya. Pelayanan yang di tampilkan pramuniaga toko sangat pila dipengaruhinya.
c. Faktor sikap dan keyakinan
Sikap dan doktrin sangat berpengruh dalam menenentukan siatu produk, merk dan pelayanan. Keyakinan komsumen terhadap sutu merk dapat di ubah mealaui kominikasi persuasife.
d. Konsep diri atau self concept
Perlu menciptakan sesuatu yang sesuai dengan yang di harapkan oleh konsumen.